Editors Picks

Rabu, 23 November 2016

Ayo belajar matematika



MATEMATIKA
A.    Apa itu ilmu matematika?????
Asal-usul matematika
Matematika berasal dari Bahasa yunani kuno yaitu mathema yang berarti mata pelajaran. Sebelum zaman modern dan penyebaran ilmu matematika, contoh contoh tertulis dari pengembangan matematika sudah berkembang pesat tetapi hanya di beberapa negara. Tulisan matematika kuno adalah Plimpton 322 (matematika babilonia sekitar 1900 sm), lembaran matematika rhind (matematika mesir sekitar 1800 sm ). Semua tulisan itu membahasas tentang teorema Pythagoras yang tampak menjadi penegembangan matematika terluas dan tertua setelah arimetika dasar dan geometri. Sumbangan matematika berasal dari berbagai tempat atau negara yaitu matematikawan Yunani memurnikan metode metode, matematikawan cina membuat sumbangan dini, termasuk posisional dan yang terakhir adalah matematikawan india.

Pengertian matematika dari 3 ahli yaitu

Yansen Marpaung
Menurut Yansen Marpaung matematika adalah ilmu yang dalam perkembangannya penggunannya menggunakan metode deduksi

James and James
Menurut james matetamrika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan jumlah yang banyak yang terbagi ke dalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis, dan geometri.”

Suwarsono
Menurut Suwarsono matematika adalah ilmu yang memiliki sifat khas yaitu objek bersifat abstrak, menggunakan lambang-lambang yang tidak banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan proses berpikir yang dibatasi oleh aturan-aturan yang ketat.”


Pengertian matematika menurut pendapat ku
Matematika menurutku adalah suatu pelajaran di sekolah yang cukup menantang tetapi terkadang pelajaran itu membuat orang gregeten mengenai materi yang sedang dipelajari.

B.    Manfaat matematika
·         Belajar matematika dapat memecahkan suatu permasalahan
·         Belajar matematika dapat membantu berdagang
·         Belajar matematika dapat membuat kita lebih teliti, cermat dan tidak ceroboh
·       Belajar matematika dapat melatih kesabaran


C.     Ilmu matematika di dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Ilmu matematika dapat digunakan saat kita  mengihtung apakah kita untung atau rugi pada saat berjualan
Ø  Ilmu matematika dapat digunakan saat kita ingin membeli barang, di toko yang berbeda dan harga juga berbeda
Ø  Ilmu matematika dapat digunakan saat kontraktor gedung membuat gedung yang tinggi
Ø  Ilmu matematika dapat digunakan pada saat kita ingin memperkirakan berapa lama kita ke kota itu dengan kecepatan …….

D.  Tokoh Penemu Pyhtagoras 

      Tokoh penemu teorema  Pythagoras adalah Pythagoras. Beliau lahir di Samos, Aegea Utara, Yunani pada tahun 570 SM. Dan meninggal pada tahun 495 SM. Beliau hidup di dunia ini selama 75 tahun di negara Yunani. Salah satu peniggalan pytahagoras adalah teorema Pythagoras yang menyatakan bahwa kuadrat hipotenusa dari suatu segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat dari kaki-kakinya (sisi-sisi siku-sikunya) dan sampai sekarang teorema Pythagoras masih digunakan oleh orang-orang modern.meghitung luas dan keliling segitiga. serta jika ilmu teorema pythagoras di terapkan di kehidupan sehari-hari kita dapat menggunakan ilmu pythagoras untuk menghitung luas dan keliling atap rumah orang.

E. Fakta Unik tentang Matematika 
  1. Bilangan phi. apa jadinya jika tidak ada bilangan ini. sulit menghitung luas,dengan akurasi tinggi dengan, untuk bentuk yang mengandung lengkungan termasuk lingkaran
  2. Angka 1, karena semua bilangan apabila dikalikan satu hasilnya adalah bilangan itu sendiri


F. Narasumber
 
http://gurumurid.com/6-manfaat-belajar-matematika/
http://www.karyaku.web.id/2013/10/10-fakta-unik-matematika.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar